by

Ulasan Seputar Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Cacar Air

Cacar air merupakan salah satu penyakit yang mempunyai beberapa mitos yang ada di masyarakat. Salah satu motor yang terkenal adalah setiap orang akan mengalami setidaknya satu kali cacar air seumur hidupnya. Sehingga apabila mengalami cacar air ketika kecil ia tidak akan mengalami hal tersebut ketika sudah besar. Tetapi banyak orang yang masih bertanya-tanya mengenai kebenaran hal tersebut. Dimana bagi orang yang belum mengalami cacar air ketika kecil masih harus was-was apabila terkena penyakit ini ketika sudah bekerja sehingga dapat mengganggu pekerjaannya.

Cacar air sendiri merupakan penyakit yang ditandai dengan bintik-bintik yang jelas terlihat. Dimana bintik tersebut tidak hanya di bagian wajah saja tetapi pada umumnya di seluruh tubuh. Oleh karena itulah sangat mudah untuk mengenali penyakit ini dengan adanya tanda bintik di seluruh tubuh penderitanya. Selain ditandai dengan bintik tersebut juga masih banyak tanda dari cacar air lainnya. Untuk penyakit cacar air sendiri biasanya tidak membahayakan kesehatan penderitanya. Tetapi ada juga cacar air yang bisa berbahaya apabila terjadi di area yang sensitif dan membahayakan seperti di bagian mata misalnya. Oleh karena itulah cacar ini harus tetap mendapatkan perawatan yang tepat dan pengobatan yang diperlukan.

Selain terjadi cacar air di area yang sensitif, penyakit ini juga akan sangat berbahaya apabila menyerang orang yang sedang mengandung. Hal tersebut akan berbahaya karena bisa membuat berbagai komplikasi kesehatan. Sehingga ibu hamil yang terkena cacar air bisa juga mengalami kesulitan untuk bernafas, dehidrasi, dan juga susah untuk buang air kecil. Dengan berbagai komplikasi tersebut akan membuat ibu hamil yang mengalami cacar air kurang sehat dan juga berbahaya untuk bayi yang ada di kandungan.

Penyakit cacar air ini dapat terjadi karena beberapa penyebab yang menjadikannya terjangkit penyakit ini. Dimana beberapa penyebab dari cacar air yang harus diketahui adalah sebagai berikut ini:

  • Penyebab pertama dari cacar air adalah karena terjadi kontak langsung dengan penderita cacar air.
  • Penyebab selanjutnya adalah karena terkena cairan dari penderita cacar air. Sehingga hal tersebut menyebabkan penularan cacar air ke orang lain.
  • Penyebab selanjutnya adalah karena memegang barang dari penderita cacar air seperti baju, bantal, dan seprei.
  • Belum mendapatkan vaksinasi untuk pencegahan cacar air terutama untuk ibu hamil.
  • Berada di dalam satu ruangan tertutup dengan penderita cacar air selama kurang lebih satu jam.
  • Mempunyai kekebalan tubuh yang sedang lemah.
  • Satu rumah dengan anak yang berusia kurang dari 10 tahun yang terkena cacar air.

Tetapi pada umumnya untuk penyebab cacar air memang dikarenakan oleh virus. Sedangkan untuk menghindari penyebaran juga sebaiknya meminimalisir kontak dengan penderita cacar air yang membutuhkan perawatan intensif. Untuk gejala cacar air yang dapat terjadi apabila seseorang terkena cacar air yang tampak adalah:

  • Gejala pertama adalah mengalami demam tinggi dan juga ruam.
  • Mengalami nyeri otot dan juga sakit kepala.
  • Mengalami rasa gatal dan juga muncul bintil yang berisi cairan.

Sebelum terkena cacar air dengan menunjukkan gejala seperti yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk pencegahan dan pengobatannya. Misalnya untuk pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang bergizi, dan juga membersihkan badan untuk mengurangi gatal. Sedangkan pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan diri dan rumah dengan teratur.

Comment

News Feed