by

Tips Mengatasi Sembelit Pasca Operasi

Salah satu dampak tidak menyenangkan pasca operasi besar pada bagian perut adalah konstipasi atau sembelit. Sembelit atau sulit buang air besar merupakan masalah yang cukup sering muncul pasca operasi dengan salah satu penyebabnya adalah obat antinyeri. Obat tersebut membuat pergerakan makanan di usus menjadi lambat dan membuat penarikan air pada saluran pencernaan menjadi meningkat yang mengakibatkan feses mengering.

Dalam situasi normal, Anda bisa mengkonsumsi Lacidofil untuk memelihara kesehatan usus sekaligus memperlancar buang air besar. Tautan https://www.goapotik.com/produk/lacidofil-1-gram-serbuk-box akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai khasiat Lacidofil. Konstipasi tidak boleh diremehkan. Pada beberapa kasus, sembelit yang berkepanjangan dapat mengakibatkan kerusakan usus.

4 Solusi Jitu Atasi Konstispasi

Jika konstipasi masih terjadi pasca operasi, terdapat beberapa tips untuk meningkatkan kesehatan usus sekaligus mencegah dan mengatasi sembelit. Anda bahkan bisa mengatasi konstipasi tanpa harus meminta obat khusus dari dokter. Dilansir dari Gue Sehat, berikut ke-4 tips mengatasi sembelit berikut ini.

  1. Meminum Obat Pencahar

Pertolongan pertama ketika Anda mengalami sembelit. Namun, karena sembelitnya Anda bisa jadi karena dampak obat antinyeri, jangan sembarangan mengkonsumsi obat ini. Konsultasikanlah pada dokter mengenai jenis obat pencahar mana yang cocok untuk dikonsumsi dan dapat obat tersebut dapat dikonsumsi.

  1. Meminum Air Putih

Hindari minuman berkafein, seperti teh dan kopi dan minumlah air putih lebih banyak. Selain meredakan dehidrasi, asupan cairan yang banyak akan membantu tubuh pulih lebih cepat pasca konstipasi.

  1. Mengkonsumsi Serat Lebih Banyak

Serat merupakan asupan nutrisi yang paling tepat untuk mangatasi sembelit. Anda dapat mengkonsumsi serat dari beragam buah-buahan dan sayur-sayuran. Sangat dianjurkan untuk memakannya langsung dari sumber asli tanpa melakukan pengolahan berlebih. Selain itu, mengkonsumsi serat dan nutrisi yang tepat, diantaranya vitamin c, protein, zat besi, dan kalsium dapat mempercepat proses penyembuhan luka bekas operasi.

  1. Aktivitas Fisik yang Cukup

Lakukan aktivitas fisik, seperti berjalan untuk mengurangi risiko sembelit, dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Ppasca operasi, Anda tidak mungkin melakukan aktivitas fisik yang berisiko memperlambat proses penyembuhan. Dengan asupan nutrisi yang baik dan aktivitas fisik yang pas, sembelit dijamin tak akan muncul.

Hosting Unlimited Indonesia

News Feed