by

Ternyata Inilah Penyebab dari Menstruasi yang Tidak Lancar

Menstruasi merupakan siklus yang terjadi pada wanita dan biasanya terjadi setiap satu bulan sekali. Akan tetapi untuk siklus tersebut mempunyai waktu yang berbeda pada setiap wanita. Sehingga masih bisa dibilang normal apabila masih mengikuti kalender haid wanita. Adapun untuk siklus haid pada wanita biasanya terjadi dalam 21 hari hingga 35 hari setelah menstruasi sebelumnya. Ketika sudah berada di luar waktu tersebut, maka biasanya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan siklus haid menjadi tidak lancar. Seperti misalnya beberapa penyebab itu adalah sebagai berikut:

  • Menopause

Salah satu penyebab pertama mengapa wanita mengalami siklus haid yang tidak lancar adalah sebagai tanda-tanda mengalami menopause. Hal tersebut terjadi karena hormon estrogen dan juga progesterol yang ada dalam tubuh tidak teratur, sehingga menyebabkan haid tidak lancar seperti biasanya. Akan tetapi kondisi ini sendiri sangat wajar terjadi bagi wanita menjelang menopause. Biasanya hal ini terjadi pada wanita yang ditandai dengan tanda lainnya seperti dari usia pre menopause yaitu 40 hingga 50 tahunan.

  • PCOS

Masalah selanjutnya yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi yang tidak lancar adalah karena PCOS. Bagi penderita PCOS mempunyai hormon yang tidak seimbang dan hal itulah yang menyebabkan menstruasi menjadi tidak lancar. PCOS bisa menyebabkan wanita tidak mengalami menstruasi sama sekali hingga beberapa bulan atau juga menyebabkan menstruasi dengan darah yang keluar hanya sedikit.

  • Masalah tiroid

Masalah terakhir yang menyebabkan haid tidak lancar adalah karena masalah tiroid. Hal ini dapat terjadi karena kelenjar tiroid yang bermasalah, sehingga hal tersebut menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur karena gangguan pada hormon. Hal ini menjadi salah satu masalah yang bisa diwaspadai dan perlu diobati yang bisa diketahui dari siklus menstruasi. Selain tentunya gejala haid lain yang bisa dikenali seperti nyeri haid yang berlebihan dan juga ketika menstruasi keluar darah yang terlalu banyak sehingga sering ganti pembalut walaupun telah menggunakan pembalut dengan daya serap tinggi seperti Laurier.

News Feed