by

RS Mitra Keluarga: Makanan Alami untuk Penderita Malaria

RS Mitra Keluarga merupakan rumah sakit yang telah ada sejak tahun 1989 yang memiliki jaringan rumah sakit keluarga tersebar di seluruh Indonesia. Rumah sakit ini memberikan mitra keluarga, menjadi lebih dari sebuah rumah sakit dan menjadi keluarga dalam mitra keluarga. Dengan tagline rumah sakit life, love, laughter yang menjadi simbol rumah sakit menjadi rumah untuk pasien. Dengan menjadi Home, rumah sakit akan memberikan pelayanan yang nyaman dan sama untuk memberikan cinta dan kebahagiaan secara penuh untuk kesembuhan penderita malaria.

Mitos yang salah tentang malaria adalah konsultasi dengan dokter ketika dalam keadaan parah, hal ini tentu akan dengan cepat memberikan keadaan kejang, sulit bernapas, gagal ginjal dan hilang kesadaran. Jika sudah mengalami gejala selama 4 minggu maka segera konsultasi. Mitos mengenai jika pernah menderita malaria maka sudah menjadi kebal, hal ini tentu tidak benar dimana jika berada di wilayah persebaran nyamuk akan dapat terjangkit karena setelah menderita penyakit tidak memberikan kekebalan tubuh. Mitos mengenai makan bawang putih dan menaruhnya untuk mengusir malaria hal ini tentu belum terbukti secara ilmiah karena lebih baik menggunakan semprotan anti serangga dan krim. Mitos jika obat malaria akan membuat seseorang berhalusinasi tentu tidak semuanya benar walaupun memberikan efek tetapi dalam kasus kecil.

Berikut adalah tanaman pengusir nyamuk:

  • Serai wangi, dikenal mampu mengusir nyamuk, tumbuh di berbagai jenis tanah dan iklim, tidak dapat ditanam dalam pot, dapat ditanam dibawah jendela sehingga nyamuk tidak masuk dalam rumah.
  • Lemon balm memiliki kandungan sitronelal yang dapat mengusir nyamuk, aromanya merupakan salah satu yang tidak disukai oleh nyamuk, walaupun demikian saat menanamnya perlu diperhatikan karena memiliki pertumbuhan cepat hingga 2 meter atau lebih tinggi.
  • Lavender dengan aroma harum yang sangat disukai manusia namun dibenci oleh nyamuk, karena memiliki zat lynalyl asetat dan linaloll dan sebaiknya meletakkan pot dekat jendela atau pintu sehingga nyamuk tidak masuk.

Selain itu, dapat juga menggunakan catnip atau tanaman untuk merangsang kucing sehingga lebih aktif, namun hal ini akan menjadi anti nyamuk. Tumbuhan ini memiliki senyawa esensial yang dapat mengusir nyamuk dan tanaman ini dapat tumbuh tinggi di pekarangan. Geranium dengan tanaman tapak dara dengan kandungan sitronelol yang tidak disukai nyamuk dan saat tertiup angin baunya akan harum. Tanaman ini dapat ditanam alam pot dan diletakkan dalam ruangan sehingga akan menjadi penghambat nyamuk masuk dan menjadi tanaman hias sekaligus untuk membuat ruang tamu indah.

Berikut adalah makanan untuk penderita malaria:

  • Jahe yang memberikan kekebalan tubuh untuk dapat melawan infeksi, dengan anti bakteri dan anti inflamasi dengan merebus jahe dan meminum air perasan jahe.
  • Jeruk bali dengan zat kuning akan melawan parasit.
  • Fever nut yang dijual di toko herbal dengan mengambil 6 gram biji dalam kacang dan direbus.
  • Lemon akan menyembuhkan malaria dengan alami menggunakan perasan lemon dan air.
  • Kayu manis dengan satu sendok bubuk kayu dan menambahkan sejumput lada dan diminum dengan madu.

RS Mitra Keluarga juga menyarankan untuk menggunakan tawas dengan beberapa jam sebelum demam atau dua jam setelah serangan. Untuk mencegah sarang nyamuk maka sebaiknya menutup dan memusnahkan berbagai lubang yang terdapat air, terutama genangan air tanah dan nampan. Dapat juga memotong dan membersihkan tanaman pekarangan liar di rumah, dapat menggantinya dengan tanaman jeruk, serai ataupun lavender yang memberikan pencegahan terhadap masuknya nyamuk.

News Feed