by

Resep Bumbu Ayam Goreng untuk Para Vegetarian

Menjadi seorang vegetarian itu susah-susah gampang. Soalnya pas mau makan ayam goreng itu harus pandai-pandai mengeja diri. Biar tidak salah pilih, solusinya dengan bikin bumbu ayam goreng sendiri. Lalu masak sendiri deh di rumah. Dijamin aman dari potensi terkena obesitas. Inilah resep yang pas untuk para vegetarian sekaligus pecinta ayam goreng.

Resep Bumbu Ayam Goreng untuk Para Vegetarian

Bahan:

  • ¾ kg dada ayam utuh
  • Seikat bayam dan buang tangkainya
  • Sebutir telur ayam yang sudah dikocok lepas dengan sedikit susu
  • 50 gram keju mozarella parut
  • Tepung roti kasar secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya
  • Garam dan merica secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • ½ bungkus pasta
  • Bawang bombay ukuran besar secukupnya
  • Siung bawang putih secukupnya
  • Keju parmesan secukupnya untuk taburan pasta

Cara memasak:

  1. Belah lebih dulu dada ayamnya jadi dua hingga putus. Harap rapikan potongan tersebut agar mudah digulung nantinya. Silakan tusuk-tusuk pakai garpu. Bisa pula dengan memukul ringan saja biar dagingnya tidak terlalu tebal.
  2. Lumuri dengan garam dan merica.
  3. Bayamnya perlu dicincang dulu. Tapi kasar saja, jangan lembut-lembut.
  4. Geprek sesiung bawang putih dan tumis dengan sedikit minyak.
  5. Campurkan bayam dan kasih garam sedikit saja. Setelah itu, masukkan sesendok makan tepung terigu. Aduk-aduk tepung tersebut hingga menempel ke bayam dan menggumpal. Lalu matikan apinya dan buang saja siung bawang putihnya.
  6. Taburi dengan keju mozarella parut setelah bayamnya dingin. Lalu aduk lagi hingga merata.
  7. Saatnya Anda kocok telur, tepung roti, serta tepung terigu. Tapi lebih dulu sediakan tusuk giginya.
  8. Oleskan bayam yang sudah dingin ke bagian dada ayam. Gulung-gulung ayam tersebut dan gulingkan ke permukaan tepung terigu.
  9. Tusuk-tusuk gulungan tersebut biar tidak mudah terbuka.
  10. Langsung panaskan minyak goreng dengan api sedang. Biar ayam gorengnya matang secara sempurna.
  11. Setelah ayamnya masuk, masak hingga warnanya berubah jadi kuning keemasan.
  12. Sebelum dingin, harap potong-potong dulu sesuai selera biar bisa dibagi..
  13. Untuk bikin pasta, cukup rebus saja pasta dengan air sampai matang. Baru setelah pasta matang, saring dulu biar air rebusannya habis. Jangan lupa siram dengan air dingin biar tidak menempel.
  14. Tumis bawang bombay dan tambahkan 2 siung bawang putih yang sudah dicincang. Lalu tambahkan sekiranya 1-2 sendok makan tepung terigu ke dalam tumisan tersebut. Lalu aduk-aduk sampai menggumpal. Matikan dan dinginkan.
  15. Langkah selanjutnya, masukkan campuran bawang dengan terigu ke dalam blender. Jangan lupa tambahkan pula susu putih setengah gelas saja. Lalu Anda haluskan hingga merata.
  16. Nyalakan kembali api dengan ukuran sedang. Masukkan krim hingga agak mencair. Setelah itu, tambah dengan garam dan merica agar rasanya lebih mantap. Tunggu hingga mengental.
  17. Silakan Anda masukkan pasta ke dalam krim panas. Lalu aduk-aduk hingga merata. Tambahkan pula keju parmesan. Tapi ini bersifat opsional. Kalau Anda kurang suka dengan keju ini, boleh di-skip. Bisa Anda ganti dengan bahan lain sesuai selera.
  18. Setelah matang, hidangkan ayam goreng gulung bayam plus pasta ke piring kesukaan. Sebelum menyantap, cium dulu aromanya biar kerja keras Anda terbayar tunai.

Langkah-langkahnya cukup panjang juga, ya? Tapi Anda tetap semangat kan bikinnya? Demi kelezatan serta kesehatan untuk tubuh, pasti bisa. Bumbu ayam goreng tersebut bisa Anda variasikan ketika sudah berhasil membuatnya. Kalau sudah terbiasa, tidak perlu waktu lama kok bikinnya. Apalagi kalau ada yang bantu masak-masak di dapur.

Comment

News Feed