by

Menu Makanan dan Tips Diet Aman untuk Anak

Dalam kehidupan sehari-hari mengatur pola makan yang sehat menjadi salah satu hal yang penting, seperti sekarang ada sebagian anak yang kelebihan berat badan dan tentunya akan menganggu aktivitas yang mereka jalani. Dengan memilih menu makanan yang sehat dan menjaga pola makan akan sangat membantu anak memiliki berat badan seperti anak seusianya, anak juga bisa melakukan diet namun tetap harus melakukan diet yang aman dan orang tua juga harus memberikan menu diet yang tepat dan sehat.

Diet tidak hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan saja, namun bisa juga dikatakan sebagai menjaga pola Kesehatan makan agar berat badan menjadi sehat dan teratur. Dengan melakukan diet akan membantu anak dalam menurunkan berat badan dan juga mengatur asupan makanan, namun diet untuk anak tentunya berbeda dengan orang dewasa dan harus tetap dalam pengawasan orang tua agar tetap aman.

Dalam melakukan diet untuk anak menjaga pola makan dan memilih menu makanan menjadi salah satu hal yang penting, dan harus melakukan diet secara bertahap agar tidak membuat anak merasa terbebani. Oleh karena itu di bawah ini ada beberapa pilihan menu diet yang cocok untuk anak.

Pilihan Menu Diet yang Cocok untuk Anak

Ayam atau Dading

Yang pertama ada menu ayam atau daging yang merupakan salah satu menu pilihan terbaik untuk anak saat melakukan diet, namun anda tetap harus memastikan jika bagian daging tersebut tidak memiliki banyak kandungan lemak. Selain itu daging ayam dan sapi memiliki banyak protein yang akan membuat tubuh si anak tetap sehat, anda bisa coba untuk mengolah daging tersebut dengan tumis kecap manis agar anak menjadi senang.

Sereal dan Susu

Selanjutnya ada juga menu sereal dan susu yang menjadi pilihan terbaik untuk anak yang melakukan diet dengan aman, anda juga bisa menambahkan beberapa potongan buah agar sehat dan menjadi menu sarapan yang enak untuk anak. Serela atau gandum memiliki banyak serat yang cukup banyak, jadi anak tidak akan merasa ingin makan cemilan.

Sup Tahu dan Sayuran

Dalam menjaga pola makan saat diet menu sup tahu dan sayuran menjadi pilihan terbaik, dengan adanya tahu dan ditambahkan sayuran akan membuat anak menjadi sehat dan bisa menurunkan berat badan dengan mudah. anda bisa memilih sayuran seperi daun bawang, brokoli, kol, jagung dan lainnya.

Tips Diet Aman untuk Anak

Membatasi Asupan Gula Tambahan

Tips pertama dalam melakukan diet untuk anak, anda harus bisa membatasi asupan gula tambahan yang berlebihan. Seperti yang kita tahu bahwa anak-anak sangat suka sekali dengan makanan yang manis, namun hal tersebut justru bisa membuat berat badan naik, oleh karena itu anda bisa mengganti minuman manis atau soda dengan air putih atau susu rendah lemak.

Memperhatikan Porsi Makan

Selanjutnya dalam melakukan diet yang aman akan lebih baik anda untuk memperhatikan porsi makan anak ketika makan, bukan melarang untuk makan banyak namun akan lebih baik untuk makan dengan porsi yang sedang saja.

Memberikan Berbagai Sumber Makanan

Anda sebagai orang tua juga harus tetap memberikan berbagai makanan, namun tentunya yang sehat untuk di makan. Ada banyak makanan sehat yang bisa di makan seperti sayuran, buah-buahan, susu, keju dan masih banyak juga yang lainnya. Dengan begitu kebutuhan makan tetap terpenuhi dan tidak akan membuat anak menjadi kelaparan.