by

Mengintip Pentingnya Multivitamin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya pertumbuhan janin di dalam perut dimana kebutuhan nutrisi janin didapatkan dari ibu. Karena itu makanan yang dikonsumsi ibu hamil perlu diperhatikan kualitas dan kuantitasnya agar dapat memenuhi kebutuhan gizi baik untuk ibu maupun janin. Setelah ibu melahirkan bayipun hal ini terus berlanjut bagi ibu yang memberikan ASI-nya secara eksklusif. Asi akan kaya gizi jika makanan ibu juga mengandung gizi yang cukup untuk kebutuhan ibu dan bayi.

Sayangnya makanan yang dikonsumsi ibu hamil belum tentu sesuai dengan kebutuhan gizi keduanya. Meski jumlah yang dikonsumsi besar, namun kandungan gizi yang dimiliki belum tentu sesuai dengan kebutuhan. Untuk itulah ibu hamil dan menyusui perlu mengkonsumsi suplemen khusus untuk melengkapi kebutuhan nutrisi selama mengandung dan menyusui. Suplemen yang tepat adalah suplemen yang memiliki kandungan vitamin serta mineral lengkap sesuai dengan kebutuhan. Multivitamin ibu hamil dengan DHA tinggi menjadi contoh suplemen yang bisa digunakan setiap hari untuk melengkapi kebutuhan gizi ibu dan bayi.

Saat ini banyak produk multivitamin atau suplemen ibu hamil yang beredar di pasaran. Anda bisa memilih satu yang terpercaya dengan beberapa cara seperti melihat kelengkapan kandungannya. Berikut ini adalah daftar kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dalam jumlah lebih banyak dibandingkan wanita saat sebelum kehamilan:

Multivitamin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

  • Asam folat.
  • Zat besi.
  • Vitamin B.
  • Vitamin B complek.
  • Vitamin A.
  • Kalsium.
  • DHA.

Anda bisa mencari suplemen yang memiliki kandungan tersebut di atas untuk digunakan sebagai suplemen harian bagi ibu hamil maupun ibu menyusui.

Mengapa DHA juga menjadi nilai gizi yang penting dalam suplemen ibu hamil? DHA dapat merangsang sel otak janin dan bayi agar lebih maksimal berkembang. Selain itu DHA juga diperlukan untuk perkembangan otak dan jaringan janin. Meski begitu DHA dan kecerdasan belum bisa dibuktikan keterkaitannya karena kecerdasan bayi atau anak dipengaruhi oleh banyak faktor selain dari nutrisi yang diberikan dari makanan.

Comment

News Feed