by

Mengenal Peran dan Pelayanan Dokter Spesialis Konservasi Gigi yang Harus Diketahui

Gigi pada dasarnya memang tidak sekedar berhubungan dengan organ pencernaan saja, yaitu perannya untuk mencerna makanan secara mekanis atau menghaluskannya, melainkan juga sangat berhubungan dengan kecantikan atau nilai estetika pada setiap orang. Tak heran jika seandainya cukup banyak diantara masyarakat yang sering kali melakukan konsultasi dan juga tindakan medis ke dokter spesialis konservasi gigi.

Bagian konservasi gigi ini sendiri sebenarnya lebih banyak menangani terkait dengan perawatan gigi, guna mempertahankannya agar bisa lebih lama berada di dalam rongga mulut dan juga menjaga nilai estetikanya, apalagi sangat berhubungan dengan kecantikan, lalu apa saja sebenarnya jenis pelayanan yang akan diberikan oleh dokter spesialis ini? berikut ini diantaranya yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Melakukan perawatan dan juga pencegahan terhadap gigi berlubang, masalah gigi berlubang ini adalah kondisi yang hampir dialami oleh setiap orang, karena tidak merawat gigi dengan baik maka ada resiko terbentuknya lubang dan disertai dengan rasa sakit. Bahkan tentunya akan menganggu estetikanya. Sehingga harus dilakukan perawatan secara tepat.
  2. Penambalan gigi, pada gigi yang sudah berlubang maka satu-satunya langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menambal, sehingga nantinya ukuran lubang tersebut tidak semakin membesar dan menyebabkan rasa sakit atau bahkan gigi sampai copot nantinya, sehingga harus dilakukan penambalan.
  3. Perawatan gigi berlubang yang sudah sampai hingga bagian ruang syaraf, ini kondisinya jauh lebih membahayakan, karena sangat mungkin untuk menyebabkan kondisi yang lebih serius pada kesehatan.
  4. Layanan estetik pada gigi, seperti diantaranya adalah melakukan pemutihan yaitu dengan langkah bleaching maupun veneer.
  5. Bedah endodonti, jika seandainya kondisi gigi sudah cukup serius, sehingga harus dilakukan operasi pencabutan.

Agar gigi Anda tidak mengalami masalah, maka penting juga mengetahui sebenarnya bagaimana langkah perawatan gigi secara tepat untuk mencegah hal-hal seperti gigi berlubang dan sejenisnya, diantaranya adalah:

  1. Membiasakan diri menyikat gigi secara rutin, diantaranya adalah setelah sarapan dan juga sebelum tidur, ini adalah waktu-waktu terbaik di dalam membersihkan gigi, sehingga nantinya tidak ada sisa-sisa makanan yang dapat mengundang bakteri untuk membusukkan gigi. Akan lebih baik lagi jika seandainya setiap selesai makan Anda membiasakan diri di dalam menyikat gigi.
  2. Konsumsi buah dan juga sayuran, dibandingkan dengan menu makanan lain, maka bahan makanan semacam buah dan sayur ini lebih kaya akan kandungan serat yang digunakan sebagai pembersih alami gigi Anda, juga bagus untuk menjaga warna gigi agar tetap putih alami.
  3. Batasi mengkonsumsi makanan manis, makanan dan juga minuman manis ini memang enak dan juga bisa membangun mood menjadi lebih baik, namun juga wajib diketahui bahwa makanan yang banyak mengandung gula mempercepat terjadinya pembentukan plak dan juga karang gigi, juga lebih mudah mengundang bakteri penyebab pengeroposan gigi.
  4. Rutin untuk memeriksakan gigi ke dokter, ini juga penting dilakukan untuk melakukan pengecekan jika mungkin ada bagian gigi yang berlubang dan juga resiko-resiko seperti karang gigi sehingga nantinya dapat dibersihkan oleh dokter tersebut.

Khusus untuk upaya mempercantik gigi maka Anda bisa mempercayakannya kepada dokter spesialis konservasi gigi, meskipun terbilang sebagai perawatan gigi sederhana, nyatanya juga tidak bisa dipungkiri jika biaya yang haru dikeluarkan untuk kegiatan ini terbilang cukup mahal.

News Feed