by

Memilih Aplikasi Pinjaman Cepat Terbaik, Bagaimana Caranya?

Mau ajukan pinjaman cepat, tapi khawatir dengan keberadaan aplikasi fintech ilegal? Tenang aja, asalkan kamu tahu caranya memilih aplikasi yang tepat, pengajuan pinjaman ke fintech dijamin aman dan bisa membantu banyak lho. Sebab, ada beberapa fintech yang layanannya tidak terbatas hanya pada pinjaman cepat saja, ada juga yang memberikan fasilitas kredit atau cicilan online di berbagai e-commerce seperti Kredivo.

Dengan sistem limit kredit nontunai, pengguna Premium Kredivo bisa menggunakan Kredivo sebagai metode pembayaran cicilan s.d 12 bulan tanpa kartu kredit ataupun dp di e-commerce seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, ataupun merchant offline seperti Samsung, Sentraponsel, Erafone, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika butuh pinjaman tunai cepat, maka limit tersebut bisa langsung dicairkan melalui fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo yang tersedia di aplikasi Kredivo.

Namun sebelum itu, yuk ikuti empat cara berikut ini untuk memilih aplikasi pinjaman cepat terbaik yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Ketahui tujuan pinjaman lebih dulu

Yang perlu diketahui soal pinjaman cepat adalah bukan hanya soal waktu pencairannya saja yang kilat, tapi disertai juga dengan limit dan tenor yang terbatas. Beberapa fintech juga mengenakan suku bunga di atas rata-rata untuk pinjaman cepat tunai karena risiko kredit macetnya yang cukup tinggi. Oleh karena itu, sebelum menggunakan jasa fintech untuk mendapat pinjaman, ketahui dulu apa tujuan kamu meminjam dana? Setelah tahu tujuannya, cek kembali kondisi keuanganmu sekarang apakah masih tersisa ruang untuk angsuran pinjamannya kelak?

Supaya kondisi keuanganmu tetap terjaga, akan lebih baik jika pinjam dana ke fintech hanya dilakukan untuk kebutuhan super darurat seperti rumah sakit atau aktivitas produktif seperti bisnis sampingan kecil-kecilan. Jenis fintech itu sendiri beragam, ada peer-to-peer landing, manajemen risiko dan investasi, market aggregator, hingga fintech bill and payment. Yang umum digunakan banyak orang biasanya adalah fintech peer-to-peer landing yang memberi pinjaman untuk kebutuhan personal ataupun modal usaha.

Cek daftar fintech legal melalui situs resmi OJK

Sudah tahu tujuan pinjaman dan kapasitas finansial pribadi? Eits, jangan dulu langsung asal ke Google Play Store atau App Store dan men-download sembarang aplikasi fintech. Sebab, bisa jadi yang kamu download merupakan aplikasi ilegal yang tidak terdaftar di OJK. Maka dari itu, supaya keamanannya terjamin, kamu dapat mengecek di situs resmi OJK terlebih dulu perihal daftar perusahaan fintech yang sudah terdaftar dan memiliki izin beroperasi dari OJK. Untuk kategori produk pembayaran kredit digital atau online, Kredivo adalah fintech yang resmi pertama kali terdaftar dan memiliki izin dari OJK sejak 21 Maret 2018.

Sebelum download, cek bagian “Permission” aplikasi

Sudah tertarik dan yakin dengan satu fintech? Nah, sebelum download aplikasinya, kamu juga dapat mengecek ke bagian “Permission” di bagian bawah Google Play atau App Store pada laman aplikasi tersebut. Tujuan dari pengecekan ini adalah untuk melihat detail informasi dan izin apa saja yang diminta aplikasi fintech untuk diakses ke HP-mu. Karena termasuk jenis pinjaman cepat, sebagian aplikasi fintech umumnya akan meminta izin ke histori panggilan telepon, galeri, GPS, hingga kontak sebagai salah satu bahan analisa disetujui atau tidaknya pinjaman yang akan kamu ajukan nantinya.

Ini dilakukan kemungkinan salah satunya untuk menghindari pengajuan pinjaman fiktif yang akan merugikan perusahan fintech sekaligus sebagai “jaminan” bahwa kamu sebagai peminjam akan bertanggung jawab secara penuh terhadap pinjaman yang sudah diajukan. Apabila kamu menemui permintaan izin akses yang mencurigakan dan dirasa terlalu berlebihan, maka ketika download, kamu bisa menolak memberikan izin kepada aplikasi tersebut dengan menekan tombol “Tidak”, “No”, atau “Jangan Izinkan”.

Pilih yang memberikan informasi suku bunga secara transparan

Salah satu hal paling penting terkait pinjaman cepat online adalah informasi suku bunganya yang wajib diketahui oleh kamu sebelum mengajukan pinjaman. Sebab, selain masa tenor, suku bunga adalah hal yang akan menentukan besar kecilnya angsuran pinjaman yang perlu kamu bayarkan per bulan. Makin rendah suku bunga, tentu semakin baik.

Kredivo adalah salah satu fintech dengan suku bunga rendah yang memberikan informasi perihal suku bunga itu sendiri pada situs resmi dan juga aplikasinya. Apabila kamu sudah terdaftar sebagai pengguna Premium Kredivo, kamu dapat menggunakan limit yang tersedia untuk cicilan barang di e-commerce atau pinjaman cepat tunai.

Pada fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo di aplikasi Kredivo, semua informasi suku bunga dan biaya admin yang menyertai pinjaman akan dicantumkan dengan jelas sesuai dengan jumlah pinjaman yang kamu ajukan. Untuk pinjaman mini, minimum pengajuan pinjaman berkisar mulai 500 ribu dengan waktu pengembalian maksimal 30 hari dan bunga 2,95%. Sementara untuk pinjaman jumbo, minimum pengajuan pinjaman berkisar mulai 1 juta dengan tenor 3 atau 6 bulan, dan suku bunga angsuran 2,95% per bulannya.

Tertarik pakai Kredivo? Daftar sekarang dan raih kesempatan mendapat limit kredit maksimal hingga Rp 30 juta. 🙂

News Feed