by

Manajemen Pelanggan Mudah dengan Aplikasi Kasir Gratis

Memiliki bisnis yang maju tentu jadi impian semua orang, namun dibalik itu semua harus ada perjuangan dan manajemen yang tepat dari segala sisi. Salah satu hal yang perlu ditata dengan rapi, yaitu manajemen pelanggan.

Aplikasi kasir gratis memberikan kemudahan bagi Anda para pelaku bisnis kecil atau besar. Anda yang tidak memiliki pengalaman me-manage bisnis pun dapat dengan mudah mengoperasikannya.

Fungsi Manajemen Pelanggan

Fungsi manajemen pelanggan mengumpulkan data riwayat pembelian pelanggan Anda. Keuntungannya, yaitu bisa menentukan pembeli mana yang paling sering berbelanja dan dengan mudah memahami jumlah dealer untuk semua pelanggan.

Fungsi manajemen pelanggan pada aplikasi kasir gratis atau sistem POS, yaitu dapat membantu pemilik usaha UKM melacak aktivitas pelanggannya. Data ini dapat digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, khususnya bagi pelanggan yang sering melakukan pemesanan berulang kali.

Fitur manajemen pelanggan berisi data pembeli yang sangat berguna bagi Anda karena memungkinkan Anda menyimpan dan mengelola riwayat pembelian, informasi kontak, dan bahkan poin loyalitas dengan mudah.

Informasi yang diberikan oleh fungsi manajemen pelanggan dapat membantu Anda menemukan pelanggan yang paling setia. Anda kemudian dapat memberi pelanggan hadiah, promosi, atau diskon khusus untuk meningkatkan loyalitas mereka dan menarik pelanggan baru.

Pahami Konsep Point of Sales

Point of sales, secara harfiah berarti tempat penjualan dilakukan. Dengan kata lain, yaitu sistem yang digunakan pelanggan untuk membayar barang atau jasa yang dibeli oleh perusahaan Anda.

Sebelumnya sistem POS hanya berupa tanda terima tertulis dalam bentuk memo, tetapi pemilik bisnis sekarang lebih memilih sistem POS elektronik. Sistem ini menyederhanakan proses penjualan dan memungkinkan pemilik bisnis untuk mengumpulkan data penjualan yang lebih akurat.

Sistem POS standar mungkin tidak lebih dari mesin kasir dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengumpulkan data penjualan. Sistem ini dapat dimaksimalkan dengan menambahkan lebih banyak perangkat lain (seperti pemindai kode batang dan pembaca kartu) atau satu set perangkat lunak tambahan.

Saat ini, kebanyakan sistem POS modern tidak hanya menerima dan melacak penjualan. Melainkan juga menambahkan fitur pelaporan lainnya, seperti produk mana yang paling laris atau ketika pelanggan tiba.

Sistem POS menghemat waktu dengan mengotomatiskan tugas-tugas berulang seperti menghitung harga atau mencari barang. Sistem POS otomatis ini mengurangi kemungkinan terjadinya human error dan Anda tidak perlu repot-repot mencatat / melacak catatan transaksi secara manual.

Seberapa Penting Manajemen Pelanggan dalam Bisnis?

Pengalaman pelanggan adalah pintu masuk bagi pemilik bisnis untuk memenangkan pasar, dan sistem POS seluler adalah cara termudah untuk menyenangkan pelanggan. Maka dari itu, manajemennya sangat penting untuk diperhatikan.

Menurut penelitian, 20% perusahaan retail kecil lebih menyukai sistem POS berbasis tablet. Beberapa keuntungan utama sistem POS seluler meliputi:

  • Sistem pembayaran yang fleksibel: Sistem POS dapat menerima berbagai metode pembayaran tunai atau digital.
  • Meningkatkan pengalaman pelanggan: Dengan bantuan sistem POS, Anda dapat mempersingkat waktu transaksi, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama.
  • Akses kapan saja, di mana saja: Sistem POS seluler memungkinkan Anda memantau kinerja toko Anda kapan saja, di mana saja. Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi mengunjungi kasir seharian, tetapi Anda juga dapat melakukan hal lain untuk mengembangkan bisnis Anda.

Manajemen pelanggan dapat dilakukan dengan mudah, Anda bisa mendownlaid aplikasi kasir gratis dari Youtap.id. Cara penggunaannya pun mudah dan tidak ribet, sangat cocok bagi Anda para pemula dalam manajemen ini. Nggak percaya? Download aja sekarang aplikasi kasir dari Youtap!

News Feed