by

Ketahui Perhitungan DP Mobil Baru dan Bekas Beserta Cicilan Kreditnya

Mobil merupakan salah satu pilihan kendaraan pribadi yang sering dipilih oleh masyarakat zaman sekarang. Namun, harga mobil yang relatif tinggi kerap kali membuat orang-orang berpikir dua kali untuk membelinya. Untungnya, sekarang ini banyak mobil yang bisa dibeli dengan sistem kredit. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan mobil baru dengan membayar DP mobil dahulu kemudian membayar cicilan per bulan dalam jumlah yang disepakati.

Skema Penghitungan DP Mobil Baru dan Cicilan Kreditnya

DP (Down Payment) atau uang muka merupakan persentase harga mobil yang harus dibayar kepada penjual pada saat proses pembelian suatu barang. Umumnya, persentase DP mobilini berkisar antara 20% sampai 25% sesuai kesepakatan penjual dengan pembeli. Tetapi, biasanya ada juga penjual yang memberikan persyaratan sehingga DP-nya bisa mencapai 30% bahkan lebih.

Jika pembeli menghendaki cicilan per bulan yang lebih rendah, uang DP yang dibayarkan bisa lebih besar. Selain menyiapkan DP, Anda juga harus menyiapkan uang untuk biaya asuransi, biaya administrasi, dan bunga kredit saat membeli mobil.

Jika Anda memutuskan untuk membeli mobil baru maupun bekas dengan sistem kredit, pastikan sudah memiliki rencana keuangan jangka panjang. Jangan sampai prosedur pembayaran kredit justru malah akan memberatkan di bulan ke sekian. Agar terhindar dari beban pembiayaan setelah membayarkan DP, biaya kredit mobil baru maupun bekas bisa dihitung menggunakan rumus berikut:

  • Plafon pinjaman = harga mobil – uang muka
  • Angsuran pokok per bulan = plafon pinjaman : tenor
  • Angsuran bunga per bulan = (plafon pinjaman x suku bunga) : 12
  • Pembayaran pertama kali = DP + angsuran pertama + asuransi ( persen dari harga mobil yang dibeli) + provisi (persen dari plafon pinjaman) + polis asuransi + administrasi
  • Cicilan per bulan = angsuran pokok per bulan + angsuran bunga per bulan

Kredit Mobil Baru dan Bekas Lebih Mudah di SEVA

Sebagai bentuk partisipasinya di bidang otomotif digital, Astra Financial meluncurkan platform jual-beli mobil baru dan bekas yang diberi nama SEVA. Misi utama SEVA adalah “Financing First”, yaitu untuk membantu konsumen menemukan mobil idamannya dengan mudah, cepat, dan sesuai kemampuan finansialnya. SEVA juga dibekali dengan berbagai fitur unggulan yang akan memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli.

Sama seperti platform jual-beli mobil lainnya, SEVA juga menawarkan sistem pembayaran kredit untuk konsumen. Apalagi anak muda zaman sekarang sudah sangat pintar mengakses berbagai platform canggih untuk berbagai keperluan. Itu artinya, mendaftar dan melakukan transaksi di SEVA juga bukan menjadi hal yang sulit.

SEVA menawarkan tampilan antarmuka yang sederhana sehingga mudah sekali diakses berbagai kalangan. Prosesnya pun sangat aman dan cepat sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Menariknya lagi, di SEVA Anda tak perlu lagi memusingkan cara menghitung biaya kredit bulanan. Pasalnya, SEVA sudah dibekali dengan fitur Kalkulator Kredit.

Cara menggunakannya cukup buka situs SEVA kemudian pilih menu “Kalkulator Kredit” pada bagian “Otomotif”. Masukkan merek mobil yang akan dibeli, model, dan variannya, maka harga mobil tersebut akan muncul secara otomatis. Selanjutnya, pilihlah persen DP sesuai dengan keinginan dan sesuaikan lama cicilan.

Setelah itu Anda bisa langsung klik “Hitung” dan kalkulasi kredit mobil akan terpapar di layar. Jika masih ingin melakukan negosiasi, Anda bisa klik pilihan “Minta Penawaran Terbaik”. Anda juga bisa mendapatkan harga dan cicilan terbaik di sana.

So, itulah dia kisaran DP mobil dan cara penghitungan cicilannya jika Anda ingin membelinya secara kredit. Biar tidak perlu repot menghitung biayanya, Anda bisa melakukan kredit mobil di SEVA. Untuk informasi dan pembelian, Anda bisa langsung mengaksesnya di https://www.seva.id/.