by

Kenali Tanda Anak Mengalami Gangguan Pendengaran

Kemampuan pendengaran yang baik sangat membantu perkembangan anak dalam berbicara ataupun mengenal bahasa. Jika anak mengalami masalah pendengaran secara otomatis akan mengganggu dalam komunikasi ataupun cara berbicaranya. Oleh karena itu sangat penting sekali bagi orang tua mengenal perkembangan dari anak seperti apa. Jika memang terjadi masalah ada baiknya untuk segera mengatasi dengan melakukan beberapa usaha pengobatan. Dengan cara mengatasi yang tepat dan cepat tentu tidak akan berimbas banyak pada perkembangannya.

Banyak orang berfikir jika gangguan pendengaran itu hanya terjadi pada mereka yang mempunyai usia tua. Padahal secara medis siapa saja bisa mengalami gangguan tersebut, baik anak maupun dewasa. Inilah pentingnya orang tua mengenal ciri-ciri gangguan pendengaran pada anak sejak dini sebelum terlambat. Umumnya anak yang mengalami gangguan terlihat pada beberapa tanda berikut:

  1. Anak tidak merespon terhadap suara ataupun bunyi-bunyian.
  2. Anak sulit sekali merespon ketika namanya sudah dipanggil.
  3. Anak tidak bisa mengikuti instruksi atau perintah orang lain dengan baik.
  4. Mengalami keterlambatan dalam bicara, padahal usia sudah cukup.
  5. Sulit memahami percakapan yang dilakukan.

Nah, dengan mengenal beberapa tanda seperti diatas tentu saja orang tua bisa segera ambil tindakan yang tepat untuk anak. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan baik pada dokter yang sudah ahli. Banyak sekali yang menyebabkan anak mengalami masalah selain akibat kondisi dari lahir. Masalah pendengaran terjadi pada anak itu bukanlah sesuatu yang tidak ada solusinya, untuk lebih jelas dan supaya tidak terlalu khawatir orang tua bisa langsung konsultasikan kepada dokter ahli terlebih dahulu.

Banyak jenis gangguan pendengaran yang bisa saja dialami oleh si kecil, salah satunya kurang pendengaran sebelah sehingga menyebabkan bunyi yang didengar tidak bisa maksimal. Secara otomatis itu akan berakibat banyak hal, seperti misalnya pertumbuhan yang kurang, pertumbuhan yang lambat dan masih banyak lagi lainnya. Jangan sepelekan masalah gangguan organ tubuh, apalagi telinga yang menjadi unsur penting kelancaran berkomunikasi. Kenali tanda sejak dini sebelum semuanya terlambat!.

Comment

News Feed