by

Kenali Penyebab Bayi Mual Muntah dan Macam Obat untuk Bayi

Pada dasarnya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi Anda mengalami mual dan muntah. Namun bagi orang tua, sulit untuk mendeteksi berbagai penyebab ini dikarenakan bayi belum bisa bicara. Maka untuk mengetahui penyebab tersebut agar nantinya dapat memberikan obat mual muntah bayi yang tepat peran dokter sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini.

Yang dapat Menyebabkan Bayi Mual dan Muntah

  1. Penyumbatan

Penyebab muntah parah pada bayi yang baru lahir hingga usia 3 bulan adalah penyumbatan lambung (stenosis pilorik), penyumbatan usus (obstruksi usus). Jika suhu 38℃ atau bahkan lebih segera bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat. Muntah yang parah juga dapat mengindikasikan penyakit serius dan membutuhkan pemeriksaan dokter lebih lanjut.

  1. Virus

Penyebab muntah pada bayi di atas 3 bulan yang paling umum ialah virus yang menyerang saluran pencernaan hingga mengakibatkan infeksi (infeksi lambung, infeksi usus, atau infeksi pada bagian tubuh lainnya).

  1. Gastroenteritis

    Gastroenteritis yaitu keadaan di mana bayi tiba – tiba muntah dan sembuh dalam waktu 24-48 jam. Tanda dari gastroenteritis ialah diare, mual, ataupun demam. Gastroenteritis dapat terjadi apabila bayi memasukkan benda ke dalam mulut dan benda tersebut terpapar virus atau mengonsumsi makanan yang terkontaminasi virus. Untuk mencegah hal ini, selalu jaga kebersihan.

Obat Untuk Bayi

Saat ini ada berbagai macam bentuk obat untuk bayi, salah satunya berupa cairan yang penggunaannya dengan cara diteteskan. Obat tetes hidung (nasal spray) misalnya. Penggunaan obat ini harus sesuai resep dokter. Dokter biasanya memberikan resep obat tetes hidung ini pada mereka yang memiliki masalah sinusitis, alergi, atau asma. Obat ini memiliki banyak fungsi pada saluran pernapasan

Sementara itu ada pula obat yang dikemas dalam bentuk semprot, misalnya obat semprot hidung. Cara pakai obat semprot hidung yang hanya disemprotkan pada hidung ini berfungsi meredakan hidung tersumbat. Namun pemakaian jangka panjang bisa mengakibatkan rhinitis alergi. Pada penderita rhinitis akumulasi kandungan bahan obat semprot menumpuk di dalam hidung sehingga kondisi ini lebih kronis.

Hosting Unlimited Indonesia

News Feed