by

Kenali Apa Itu GERD Lebih Dalam Yuk

Anda sering mengalami rasa asam pada mulut dan disertai dengan gejala lain seperti dada yang serasa terbakar dan perih pada bagian tenggorokan? Jika gejala-gejala tersebut sering Anda alami maka Anda harus waspada karena bisa jadi itu adalah tanda atau gejala gerd.

Yang belum tahu apa itu gerd, yakni merupakan gastroesophageal reflux disease yang merupakan penyakit asam lambung dan biasanya disebabkan oleh kondisi katup atau sfingter yang letaknya berada di kerongkongan bagian bawah ini melemah.

Jika normal, maka biasanya katup ini akan terbuka dan memungkinkan untuk makanan dan minuman masuk ke lambung dan kemudian di cerna. Setelah itu, biasanya katup akan kembali menutup dengan kencang yang bermanfaat supaya makanan dan minuman tadi yang sudah di cerna di lambung tidak kembali naik ke kerongkongan.

Jadi bagi Anda yang menderita gerd atau asam lambung, katup yang ada pada bagian kerongkongan bawah tadi akan melemah sehingga tidak bisa tertutup dengan baik. Nantinya jika kondisi ini terjadi terus menerus maka bisa mengakibatkan isi lambung tadi akan naik ke kerongkongan dan akan dada akan terasa sangat panas serta mulut juga asam.

Dan jika kondisi tersebut terjadi secara terus menerus maka nantinya lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi dan terjadi peradangan yang kemudian jika terus-terusan terjadi maka akan semakin melemah.

Cari gejala gerd paling umum yang biasanya sering ditemukan adalah seperti rasa asam pada mulut dan dada yang terasa sangat panas seperti terbakar. Tidak hanya itu saja, terkadang juga akan muncul beberapa gejala lain seperti sensasi perih pada ulu hati dan biasanya akan semakin buruk keadaannya jika penderita sedang membungkuk atau setelah makan dan sedang berbaring sekalipun.

Supaya lebih jelas dan tidak keliru, berikut ini informasi tentang gejala asam lambung atau gerd yang wajib dikenali dan diwaspadai:

  1. Mual

Selain beberapa jenis gejala yang sudah disebutkan di atas, beberapa gejala lain yang wajib di waspadai adalah munculnya rasa mual dan rasa ingin muntah juga merupakan salah satu gejala asam lambung yang sering sekali terjadi.

Dan rasa mual tersebut akan terasa semakin buruk jika Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang memang sebagai salah satu penyebab rasa mual yakni jenis makanan dan minuman yang banyak mengandung lemak dan gas seperti soda dan makanan bersantan.

  1. Radang pada tenggorokan

Biasanya asam lambung yang sudah naik ke kerongkongan akan menyebabkan beberapa jenis gejala yakni seperti iritasi yang terjadi pada tenggorokan. Dan hal inilah yang kemudian menjadi alasan kenapa orang yang menderita penyakit asam lambung akan merasakan dan mengeluhkan batuk serta rasa nyeri pada bagian tenggorokan mereka yang tidak kunjung membaik dan biasanya pada dinding kerongkongan ini akan terlihat berwarna merah.

Di atas adalah beberapa informasi rinci tentang gejala gerd atau penyakit asam lambung yang wajib diwaspadai. Untuk itu, apabila sebelumnya Anda memiliki riwayat penyakit tersebut maka ada beberapa pantangan yang perlu menjadi perhatian Anda supaya penyakit tidak kambuh dan membuat Anda tersiksa.

Beberapa pantangan tersebut antara lain seperti Anda harus menghindari makanan asam dan sebisa mungkin hindari konsumsi minuman yang beralkohol dan juga usahakan jangan merokok. Karena kegiatan tersebut adalah salah satu penyebab yang memicu munculnya asam lambung Anda bisa naik.

News Feed