by

Keluhan yang Dialami oleh Ibu Hamil dan Solusinya

Keluhan yang Dialami oleh Ibu Hamil

Hamil merupakan sesuatu yang membahagiakan, apalagi pasangan suami istri yang sudah lama mendambakan hadirnya sang buah hati. Bagi wanita menjalani kehamilan merupakan kebahagiaan dan juga terdapat beberapa keluhan yang dialami oleh ibu hamil. Tapi keluhan ini akan berbeda pada ibu hamil, ada yang keluhannya banyak bahkan ada yang tidak merasakan keluhan sama sekali.

Keluhan yang Dialami oleh Ibu Hamil

Dibawah ini kita akan bahas keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil dan solusinya:

  • Ambeien

Pada ibu hamil biasanya sering terjadi ambeien karena pada saat hamil vena menjadi membesar dan terjadi peradangan pembuluh darah vena di sekitar daerah anus dan raktum. Solusinya adalah minum air putih yang banyak dan konsumsi banyak makanan kaya akan serat, contohnya buah-buahan dan sayur-mayur.

  • Gatal-gatal

Gatal-gatal yang sering dialami oleh ibu hamil ada yang ringan ada juga gatal-gatal yang sangat berat, bahkan bisa terjadi kemerah pada kulit, ada berbagai macam penyebab gatal-gatal yang terjadi pada ibu hamil misalnya, karena kulit kering, peregangan pada kulit perut dan gejala Pruritik Urticarial Papules dan Plaques of Pregancy (PUPP), yang terjadi karena hormon HCG dan hormon estrogen meningkat, biasanya keluhan gatal-gatal ini akan terjadi di trimester ke tiga, dan setelah melahirkan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Solusinya adalah oleskan minyak zaitun pada daerah yang gatal, untuk gejala PUPP lebih baik di konsultasikan pada dokter kulit kepercayaan anda.

  • Kaki bengkak

Makanan yang mengandung banyak gula dan garam biasanya akan menyebabkan kaki menjadi bengkak saat hamil. Solusinya adalah kurangi makanan manis dan makanan yang banyak mengandung garam dan pada saat anda sedang beristirahat atau tidur, letakan posisi kaki lebih tinggi dari kepala anda.

  • Morning sickness

Keluhan ini paling sering dialami ibu hamil di trimester pertama, perubahan hormon didalam tubuhlah yang menjadi penyebabnya. Solusi untuk keluhan ini adalah anda bisa mengoleskan minyak kayu putih atau meminum wedang jahe hangat, bisa juga makan sedikit cemilan rendah lemak sebelum meninggalkan tempat tidur.

  • Insomnia

Keluhan ini biasanya sering dialami ibu hamil yang sudah membesar pada perutnya, karena kurang nyaman akan hal ini ibu hamil akan susah untuk tidur. Solusinya adalah dengan cara melakukan pijatan kehamilan.

  • Kram Kaki

Pada saat ibu hamil tidur biasanya keluhan ini banyak terjadi. Cara mengatasi keluhan ini adalah perbanyak memakan makanan yang mengandung banyak kalsium. Pada saat terjadi kram pada kaki, duduk dan luruskan kedua kaki kita, lalu tekuklah ujung-ujung jari kaki kemudian tariklah ke arah tubuh kita, ulangi sampai kram kaki hilang.

  • Merasa Mual jika Mencium Bau

Merasa mual dan muntah adalah keluhan yang umum terjadi pada saat hamil, apalagi usia kehamilan masih muda, tapi jika gejala ini terjadi berlebihan, keluhan ini disebut hiperemesis gravidarum dan janin bisa menjadi kekurangan gizi. Untuk mengatasi keluhan ini adalah pola makan saat hamil harus benar-benar diperhatikan, tidak boleh memakan makanan yang terlalu asam dan pedas, sebaiknya pola makan anda sedikit-demi sedikit tapi sering.

  • Pendarahan

Pada saat hamil bisa terjadi pendarahan, pendarahan biasanya terjadi pada awal kehamilan sampat 12 minggu usia kehamilan, pendarahan biasanya disebabkan implantasi embrio ke dinding rahim. Anda tidak perlu cemas jika terjadi pendarahan asalkan pendarahan itu dengan jumlah yang sedikit sekitar 250cc.  Jika terjadi kram perut segera hubungi dokter anda.

  • Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi biasanya sering dialami oleh ibu hamil dan disebut dengan preeklampsia, jika tekanan darah dibawah 140/90mmHg preeklampsia bisa dikatakan ringan, sedangkan preeklampsia berat adalah jika tekanan darah mencapai 160/110mmHg. Solusinya adalah hindari hal-hal yang bikin stres dan hindari makanan yang mengandung garam yang berlebih.

Itulah keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil dan solusinya semoga anda bisa terbantu dengan artikel ini. Dan buat Ibu atau Bapak yang butuh Buku Tips Hamil bisa Order Disini.

Comment

News Feed