by

Jenis Jenis Nasi Tumpeng yang ada di Indonesia

Sebelum kita membahas tentang jenis jenis nasi tumpeng alangkah lebih baiknya jika kita tahu apa itu nasi tumpeng, nasi tumpeng adalah nasi yang di baut mengerucut seperti gunung, di lengkapi dengan lauk pauk, dan juga sayuran yang di tata rapi menghiasi nasi tumpeng, dulu nasi tumpeng di buat untuk memenuhi syarat upacara adat dengan memuliakan gunung sebagai tempat bersemayamnya nenek moyang, tapi setelah islam masuk ke nusantara, kehadiran nasi tumpeng dalam setiap upacara adat di maksudkan sebagai pesan leluhur untuk mengagungkan kekuasaan Allah SWT.

Biasanya nasi tumpeng di buat dari nasi putih, kuning, dan juga hijau dan hanya memiliki bentuk kerucut seperti gunung, hingga  sampai saat ini kita hanya mengenal nasi tumpeng yang berbentuk kerucut, berwarna kuning, putih atau hijau, tapi ketika kita telusuri nasi tumpeng memiliki bentuk dan juga nama yang berbeda beda, setiap nama atau jenis memiliki ciri khasnya masing masing. Nah berikut ini adalah beberapa contoh jenis nasi tumpeng yang ada di Indonesia, di antaranya yaitu:

  1. Tumpeng megana, tumpeng ini di buat untuk merayakan suat kelahiran dengan nasi yang berwarna putih yang merupakan lambang dari kesucian, sayur mayur yang ada dalam tumpeng ini melambangkan pengharapan doa bagi kehidupan sang anak nanti, nasi tumpeng ini juga di hiasi dengan telur, bawang merah, dan cabai yang berada di pucuk tumpeng juga memiliki arti yang baik pula.
  2. Tumpeng robyong, tumpeng jenis ini tampil lebih beda dari tumpeng lainnya, karena di empat penjuru tumpeng ini terdapat lidi yang di tusuk kapas dan di beri minyak, hingga saatnya lidi dan kapas itu akan di bakar, tumpeng ini di gunakan ketika keluarga memiliki hajat dan di harapkan semoga hajat tersebut dapat di dukung oleh orang di sekelilingnya, seperti, membangun rumah atau mengangkat mantu.
  3. Tumpeng punar, tumpeng di buat untuk mengapresiasikan rasa syukur dan juga kegembiraan, tumpeng ini bisanya hadir dalam perayaan ulang tahun, atau rasa syukur etika kita baru saja memperoleh rezeki.
  4. Tumpeng kapuranto, tumpeng ini memiliki warna yang berbeda yaitu tampil dengan warna biru, yaitu menggunakan daun bunga telang, di lengkapi dengan tujuh macam lauk pauk, tumpeng ini melambangkan permohonan maaf.
  5. Tumpeng ponco worno, tumpeng ini tidak hanya memiliki satu warna, tumpeng ini hadir dalam 6 jenis warna seperti, merah, kuning, hitam, putih, biru dan hijau, yang dapat melambangkan seluruh alam di dunia, termasuk alam gaib yang di percaya dalam kepercayaan masyarakat Jawa.
  6. Tumpeng pungkur, nasi tumpeng ini di buat dengan nasi putih yang kemudian di belah menjadi dua secara vertikal, dan di pasang saling bertolak belakang, tumpeng ini adalah tumpeng di buat khusus untuk acara Kematian.
  7. Tumpeng kendit, tumpeng berwarna putih dan juga kuning menandakan orang tersebut telah terbebas dari kesulitan.
  8. Tumpeng rasulan, tumpeng ini di buat dengan bentuk yang bisa dengan menggunakan nasi uduk dan lauk pauk lingkung, hanya saja dalam tumpeng ini terdapat ayam goreng yang bentuknya seperti bersujud.
  9. Tumpeng asrep asrepan, sesuai dengan namanya asrep atau yang berarti tawar, nasi ini di buat dengan menggunakan nasi putih di lengkapi dengan sayur yang hanya di rebus saja, hal ini menandakan situasi ketenangan.

Itulah beberapa jenis nasi tumpeng yang ada di di Indonesia, untuk kalian yang ingin pesan tumpeng.

News Feed