by

Jenis-Jenis Luka yang Biasa Terjadi Di Kehidupan Sehari-hari

penutup luka

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak selalu berada dalam area keselamatan. Tidak juga selalu berda dalam kebahagiaan. Ada kalanya kita merasa sedih atau sakit akibat kecelakaan kecil dalam beraktivitas sehari-hari. Maka dari itu kita harus selalu sedia kotak P3K untuk dapat melakukan pertolongan pertama sehingga luka yang dialami tidak terlalu parah. Yang bisa anda jadikan sebagai sumber informasi bagaimana caranya melakukan pertolongan luka yang benar. Pada umumnya ada beberapa macam luka yang biasa terjadi, hal ini tentunya penanganannya pun berbeda-beda, berikut diantaranya:

  • Luka sayatan

Jenis luka yang satu ini terjadi akibat sayatan oleh benda tajam yang menjadikan kulit terbuka atau robek. Jika tidak segera ditangani atau dirawat maka akan lebih mudah menimbulkan infeksi. Jenis luka yang satu ini tentunya menimbulkan rasa sakita atau nyeri tergantung dari dalamnya sayatan tersebut. Jika luka tersebut parah atau dalam, maka cairan di dalam tubuh akan keluar sehingga menyebabkan tubuh menjadi lemas dan menurunnya fungsi organ-organ tubuh.

  • Luka goresan ringan

Luka ini terjadi akibat goresan yang terjadi antara kulit dengan benda lain. Goresan ini menimbulkan kerusakan kulit pada bagian permukaan yang tidak terlalu dalam, yaitu hanya mengenai lapisan epidermis saja. Namun kewaspadaan akan resiko infeksi harus tetap yang utama, maka dari itu membutuhkan perawatan khusus juga.

  • Luka memar

Luka memar biasanya terjadi akibat benturan atau pukulan dengan benda tumpul dengan tekanan yang cukup keras. Hal ini menyebabkan pembuluh darah pecah pada bagian yang terkena pukul. Luka ini biasanya ditandai dengan adanya lebam kebiruan yang biasa juga disebut pendarahan internal. Bukan berarti luka yang satu ini tidak menimbulkan sakit. luka yang satu ini juga membutuhkan penanganan yang cukup erius, karena ditakutkan pendarah di dalam lebih bahaya.

Itulah beberapa jenis luka yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari. maka dari itu kita harus selalu menyediakan P3K dimana saja, baik dirumah maupun di dalam kendaraan anda. Hal ini bertujuan agar dapat penutup luka sehingga tidak bertambah parah.

News Feed