by

Inikah Manfaat Adik Kakak Mempunyai Barang yang Selalu Sama

Adik kakak yang usianya tidak jauh dan satu jenis kelamin biasanya akan diperlakukan sama. Mulai dari baju, sepatu dan perlengkapan biasanya akan disamakan. Walaupun sebaiknya jangan selalu disamakan, tetapi pasti ada manfaatnya. Mari kita simak apa saja manfaat saat kakak dan adik mempunyai banyak barang yang sama. Dan anda juga bisa lihat tentang baju gaun pesta anak untuk anak anda.

  • Mengajarkan kompak sejak kecil

Ketika anak masih usia balita tentu belum bisa menentukan apa pakaian apa yang harus dipakai setiap harinya. Ibu biasanya yang akan memilih mana yang bagus dan cocok. Untuk memudahkan memilih pakaian, biasanya ibu akan memilih baju kembaran. Hal ini biasanya terjadi pada saudara yang jarak umurnya dekat dan satu jenis kelamin.

Mempunyai pakaian yang sama ternyata bisa menumbuhkan rasa kompak antara kakak dan adik. Mereka akan paham jika orangtua sama memberikan rasa sayang yang tidak berbeda satu sama lain. Namun, jangan lupa batasi umur sampai kapan anak pakai baju samaan. Dengan anak yang semakin besar akan terlihat kesukaannya dan yang tidak akan sama dengan saudaranya.

  • Pilihlah barang-barang tertentu saja yang sama

Ibu, boleh selalu menyamakan barang-barang anak-anakmu. Tetapi sebaiknya jangan semua barang harus sama persis. Ada beberapa barang yang sebaiknya dibedakan agar tidak tertukar. Misalnya seperti kotak bekal, botol minum, atau pakaian dalam.

Jika tidak ingin berbeda jauh, ibu bisa tandai barang-barang si anak dengan warna kesukaannya namun tetap dengan model yang sama. Misalnya kakak menyukai warna kuning dan adik warna merah muda. Cobalah untuk memilih barang dengan warna kesukaannya.

  • Menghindari rasa iri dan berbeda

Membelikan baju yang sama tidak akan membuat kakak dan adik menjadi iri satu sama lain. Jika rasa iri muncul, biasanya akan terjadi keributan dan rasa dendam. Inilah akar dari ketidakharmonisan saudara yang sering terjadi namun kurang disadari orangtua.

Jika si anak di rumah sering bertengkar karena perbedaan barang kepunyaan, cara amannya untuk menghentikan ini adalah dengan memberikan barang yang sama, begitupun dengan pakaian.

  • Tidak pelit meminjamkan pakaian saat besar nanti

Si anak di rumah sudah terbiasa mendapatkan perlakuan yang sama biasanya terbangun hubungan yang lebih harmonis. Kakak dan adik juga tidak akan pelit dan egois terhadap kepunyaan. Karena baju dan barang yang diberikan orangtua kebanyakan sama.

Kecuali karakter kakak dan adik sangat berbeda, Misalnya kakak lebih teledor dan jorok sedangkan adik lebih apik dengan barangnya. walaupun sudah berbeda biasanya adik tidak akan mudah meminjamkan barangnya kepada kakak karena tahu sifat saudaranya.

  • Belajar menghargai dan menurut kepada orangtua

Terlepas dari selera anak-anak yang tidak sama. Membiasakan membelikan barang kepada si anak juga mengajarkan beberapa hal baik. Pertama anak akan belajar menghargai pemberian orangtuanya. Walaupun belum tentu seleranya, ibu bisa ajarkan si anak untuk bersyukur atas pemberian. Dengan begitu anak tidak akan menjadi anak yang egois dan pemilih.

Kedua, si anak bersaudara juga terbiasa untuk menurut dan tidak banyak menuntut. Bukan berarti si anak tidak boleh memiliki suara, namun saat usianya masih belum bisa menentukan mana yang baik dan tidak, ibu harus tetap membimbingnya. Termasuk dalam hal memberikan sesuatu dan menetapkan beberapa barang antara kakak dan adik.

News Feed