by

Cara Meningkatkan Asupan Zat Besi bagi Ibu Hamil

Saat ibu berada pada masa kehamilan, maka wajib untuk memeriksakannya secara berkala ke dokter. Dengan begitu, maka dapat diketahui zat apa saja yang dibutuhkan oleh ibu tersebut, salah satunya mineral berupa zat besi. Zat besi merupakan salah satu mikronutrien yang berguna bagi tubuh terutama ibu hamil. Menurut penuturan dari pada ahli, zat besi sangat penting selama kehamilan. Berikut ini kami sampaikan pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia untuk Anda.

Salah satu manfaat zat besi adalah membantu pembuatan hemoglobin. Hemoglobin merupakan bagian dari sel darah merah yang fungsinya mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh. Nah, selama ibu dalam masa kehamilan, maka kebutuhan oksigen meningkat dua kali lipat untuk jabang bayi sekaligus dirinya. Maka, asupan zat besi juga harus meningkat paling tidak dua kali lipat daripada wanita yang tidak hamil yaitu sebesar 27 mg. Lalu, bagaimana cara meningkatkan asupan zat besi tersebut?

Cara meningkatkan asupan zat besi selama kehamilan sangat mudah. Silakan konsumsi berbagai makanan seperti daging ayam maupun sayuran. Selain itu, ada makanan maupun minuman pula yang mampu mencegah penyerapan zat besi dalam tubuh. Maka, pastikan untuk menghindari konsumsi makanan tersebut secara bersamaan dengan makanan yang kaya akan zat besi. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung zat besi seperti Feritrin sesuai takaran.

Secara alami, kandungan zat besi dalam darah akan berkurang ketika tubuh terkena virus dengue. Virus ini diperoleh dari gigitan  nyamuk Aedes Aegypti. Dalam kondisi ini, maka akan terjadi kebocoran plasma hingga menyebabkan jumlah trombosit menurun. Lalu, bagaimana jika hal tersebut terlanjur terjadi?

Secara siklus, jumlah trombosit akan naik kembali, namun memerlukan waktu yang lama. Jangan khawatir, Anda dapat meningkatkan jumlahnya secara alami. Cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah tersebut dengan mengonsumsi jus jambu biji merah. Tak hanya itu, esktrak daun biji merah juga mampu meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Anda juga dapat mengonsumsinya dalam bentuk suplemen daun jambu biji merah yang lebih simpel.

Comment

News Feed