by

Cara Menghitung Weton untuk Memulai Usaha

Sebagian masyarakat Indonesia hingga kini masih percaya dengan kepercayaan mencari hari baik untuk buka usaha mencari rezeki. Disarankan untuk tidak terlalu menggunakan kepercayaan ini sebagai acuan utama menjalankan bisnis Anda. Karena yang paling utama adalah strategi bisnis dan usaha keras Anda dalam menjalankan bisnis. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga untk diketahui supaya menjadi gambaran atau bahkan sugesti positif.

Mencari hari baik tentunya hanya bagian dari ikhtiar Anda agar mendapat kebaikan, yang terpenting tetap pada strategi dan kerja keras Anda. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mencari dan menghitung hari baiknya.

Pengertian dari hari baik untuk membuka usaha adalah hari yang diyakini sebagai hari pembawa keberuntungan, sesuai dengan perhitungan Jawa dengan melihat watak hari. Watak hari merupakan sifat hari yang biasa digunakan orang Jawa kuno sebagai dasar untuk menentukan waktu yang tepat melaksanakan acara.

Berikut watak hari berdasarkan perhitungan kalender Jawa:

Hari Senin : Jenis hari baik untuk menjalankan segala keperluan termasuk untuk membuka usaha. Bagi Anda yang akan membuka usaha dagang, disarankan pada hari senin karena perhitungan-nya yang baik.

Hari Selasa : Hari ini merupakan awal baik untuk membuka usaha. Akan tetapi Anda harus siap dengan segala kemungkinan bahkan kemungkinan terburuknya.

Hari Rabu : Termasuk jenis hari baik, namun tidak sebaik hari Senin ketika hendak berdagang. Kemungkinan akan menghadapi rintangan yang tergolong masih bisa diatasi karena jenis hari Rabu tergolong hari baik.

Hari Kamis : Jenis hari ini tergolong sulit. Sebaiknya menghindari memulai usaha di hari Kamis. Jika tetap buka usaha pada hari ini, kedepannya dipercaya mendapat kesulitan dan kesusahan.

Hari Jum’at : Lebih buruk dari hari Kamis, hari jum’at dipercaya sebagai hari yang kurang baik dan panas sehingga usaha Anda dipercaya mendapat kesulitan, gangguan dan perselsihan.

Hari Sabtu : Hari Sabtu merupakan yang paling sulit dan berat ketika memulai bisnis.

Hari Minggu : Hari minggu termasuk jenis hari yang netral untuk membuka usaha. Tidak baik, juga tidak buruk.

Neptu Hari Menurut Perhitungan Jawa

Senin : 4

Selasa : 3

Rabu : 7

Kamis : 8

Jum’at : 6

Sabtu : 9

Minggu : 5

Neptu Pasaran Menurut Perhitungan Jawa

Kliwon : 8

Legi : 5

Pahing : 9

Pon : 7

Wage : 4

Pancasuda adalah perhitungan sisa kelebihan dari jumlah setelah dibagi lima. Berikut ini arti sisa dari hitungan pancasuda.

Sisa 1 : Sandang artinya rejekinya berlimpah

Sisa 2 : Pangan artinya cukup

Sisa 3 : Bejo artinya kaya namun kurang disukai orang sekitar

Sisa 4 : Loro artinya sakit dan mengalami kerugian

Sisa 5 : Pati artinya usahanya akan mati

Cara Menghitung weton Hari Baik untuk Berdagang

Dari watak hari di atas, pilihlah salah satu hari yang Anda anggap bagus. Misalnya memilih hari Senin. Kemudian pilih pasaran dari hari, misalnya Legi. Jadi hari nya Senin Legi.

Hitung jumlah weton kelahiran Anda. Contohnya Anda lahir Kamis Pahing. Kemudian jumlahkan weton kelahiran Anda dan weton hari memulai usaha Anda. Weton kelahiran Anda Kamis (8) Pahing (9), sedangkan weton memulai usaha Senin (4) Legi (5). Jumlah weton seluruhnya 8+9+4+5 =26

Jumlah weton seluruhnya dibagi 5. 26 : 5 = 5 sisa 1

Lihat pada daftar pancasuda, arti sisa 1 yaitu sandang yang memiliki arti baik. Dengan demikian Anda bisa memulai usaha hari senin legi. Jika pembagian terbagi habis tanpa ada sisa maka disamakan dengan sisa 5.