by

Cara Menghilangkan Bau Kaki akibat Kena Kutu Air

Hampir setiap orang pernah mengalami kutu air. Biarpun hanya sekali seumur hidup. Tanda atau gejalanya bisa ditengarai dengan adanya kulit kemerahan, gatal, adanya lepuhan, serta kulit retak pada bagian kaki. Adanya kutu air tentu bisa menimbulkan bau di kaki. Bagaimana sih cara menghilangkan bau kaki efek kutu air biar cepat sembuh? Ini dia.

Kenali dulu Penyebabnya

Tiada masalah tanpa didahului dengan sebab. Tak terkecuali dengan penyakit yang satu ini. Penyebab yang paling mungkin terjadi itu karena terlalu lama kaki dalam kondisi basah nan lembap. Lainnya akibat terlalu banyak berkeringat, cedera kulit & kuku, serta sering menggunakan sepatu berbahan plastik berlapis.

Obati dengan Anti Jamur

Sama halnya dengan penyakit kurap, kutu air itu berjenis jamur yang mudah merayap ke sela-sela jari kaki. Bahkan jika dibiarkan bisa menyebar ke seluruh sela jari kaki. Salah satu cara mengatasinya dengan pakai obat anti jamur. Misalnya miconazole, sulconazole, clotrimazole, serta terbinafine. Biasanya sudah dikemas dalam bentuk salep, cairan, maupun bubuk.

Cara menggunakannya cukup mudah. Mula-mula, bersihkan dulu area yang terkena kutu air. Kemudian oleskan salep ke permukaan kulit tersebut. Perih memang, tapi usahakan tahan, ya. Jangan lupa oleskan pula pada area kulit normal yang berdekatan dengan kulit berkutu air. Setelah itu, cuci tangan Anda agar tidak menginfeksi bagian lain.

Obati dengan Merendam Kaki dengan Garam Dapur

Cara menghilangkan bau kaki yang satu ini juga terbukti sangat ampuh. Sudah bertahun-tahun cara ini digunakan. Efeknya cukup perih dan terasa menyiksa. Tapi setelah itu, proses penyembuhannya lebih cepat. Kalau tidak ada garam daput, bisa diganti dengan minyak pohon teh untuk membunuh jamur penyebab kutu air tersebut.

Cara menggunakannya dengan mengisi bak mandi dengan air hangat dulu. Kemudian Anda tambahkan dengan 3 sendok makan garam dapur. Kalau mau lebih juga tak apa. Tapi tambahannya jangan sampai lebih dari 1 sendok makan, ya. Lalu Anda aduk-aduk hingga garam dapur tersebut melebur bersama air hangat.

Rendam kaki Anda sekitar 30 menit saja. Usai direndam, gosok kulit mati serta kaki yang kapalan dengan batu apung. Tapi hati-hati saat menggosoknya. Soalnya untuk kasus kulit bersisik itu jika cara menggosoknya kasar bisa menyebabkan keluar darah dari sela-selanya. Lembut saja seakan menggosok kulit anak-anak.

Setelah selesai, keringkan dengan handuk bersih. Lalu Anda angin-anginkan agar lekas mengering dan mengurangi kelembapan yang ada di sela-sela jari kaki Anda. Bisa pula dengan menggunakan pengering rambut. Jangan lupa cuci kembali handuk yang tadi Anda gunakan untuk mengelap bekas air di sela jari kaki.

Obati dengan Hidrokortison

Apa pula hidrokortison itu? Singkatnya, obat ini berfungsi untuk mengatasi kutu air yang sudah cukup parah. Biasanya kutu air yang parah tidak hanya bikin kaki jadi bau. Namun bisa juga menyebabkan pendarahan serta peradangan. Ditambah lagi rasa gatal yang tak tertahankan. Tiap malam efek gatalnya begitu terasa. Bisa-bisa begadang semalaman.

Obat hidrokortison ini sangat ampuh untuk mengatasi peradangan serta iritasi pada kulit kaki Anda. Obat ini berbentuk krim. Jadi, cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan ke permukaan kaki Anda. Kalau sudah agak mendingan, baru pindah ke metode pengobatan sebelumnya. Bisa pakai obat anti jamur atau rendam pakai air garam dapur.

Lakukan cara menghilangkan bau kaki di atas sesegera mungkin, ya. Terutama setelah gejala kutu air mulai terlihat. Jangan sampai melebar dan rasa gatalnya mendominasi sela-sela jari kaki Anda. Nanti, pas lagi kerja, bawaannya mau garuk-garuk terus. Sedangkan jika digaruk, bisa-bisa menyebabkan luka yang perih pada kulit. Mudah-mudahan cepat sembuh.

Comment

News Feed