by

Cara Efektif Mencegah Anak Dari Serangan Penyakit Pilek

Pilek pada anak seringkali membuat ibu kesusahan. Dari anak yang rewel karena hidung mampet, wajah anak yang penuh dengan ingus, serta hidung yang meler dengan ingus. Semua ibu tentu menginginkan anak yang sehat. Jika anak sakit, ibu siap sedia menyediakan obat pilek untuk anak.

Obat pilek juga banyak macamnya. Ada obat pilek ampuh yang tidak ngantuk untuk darurat mengatasi pilek ketika sedang dalam acara, ada juga obat pilek yang berefek kantuk agar anak dapat beristirahat total. Namun, alih-alih mengobati, ada baiknya jika ibu dapat mencegah anak terkena pilek. Sehat adalah pilihan. Sebelum mencegah, ibu harus mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan anak terserang pilek atau flu setelah itu, baru melakukan cara pencegahan. Berikut cara efektif yang dapat dilakukan untuk mencegah anak terkena pilek.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup menjadi cara yang mudah agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Jadi usahakan agar anak tidak sampai kelelahan. Berilah vaksin untuk mencegah penyakit serius dan vitamin untuk stamina anak.

Kenali Gejala

Semua penyakit selalu diawali dengan gejala. Sebelum anak terserang pilek yang parah, ada baiknya ibu mengenali gejala yang dialami anak seperti bersin-bersin, tenggorokan sakit, hingga pening. Segeralah ibu memberikan perhatian khusus kepada anak dengan memintanya istirahat dan meminum vitamin.

Pencegahan Terhadap Lingkungan

Pilek terjadi tidak hanya faktor internal tapi justru malah banyak terjadi karena faktor eksternal. Ada banyak hal kecil di luar lingkungan yang menyebabkan anak terkena virus pilek. Untuk itu apabila ibu tidak dapat 24 jam menemani anak sebaiknya ajarkan anak untuk hidup sehat seperti tidak memakai sapu tangan teman yang sedang sakit, menutup hidung atau mulut ketika da orang bersin, mencuci tangan ketika hendak makan dan selesai makan, dan lain sebagainya.

Beberapa hal tersebut efektif membuat anak terhindar dari berbagai virus, sehingga anak akan selalu sehat dan kebal terhadap berbagai macam penyakit.

News Feed