by

Cara Belajar Membaca dan Menulis untuk Si Kecil Yang Rewel

Belajar membaca dan menulis

Kali ini kita aakan membahas mengenai Belajar membaca dan menulis yang akan berguna untuk kalian yang sekarang ini memiliki anak kecil yang belum bisa membaca. Kita semua tahu bahwa membaca dan menulis merupakan sebuah kebutuhan yang harus di kuasai oleh setiap orang. apalagi kita hidup di era globalisasi di mana persaingan kerja sangatlah ketat.

Tentunya apabila anak anak kita tidak bisa membaca atau menulis maka akan membuat sulit untuk mencari kerja atau sekedar menjalani aktifitas sehari hari. Sekarang ini sekolah sudah banyak sekali tetrsedia tetapi hal tersebut bukanlah sebuah alasan untuk kalian tidak mengajari anak kalian untuk membaca dan menulis. Mungkin ada beberapa dari kalian yang mengajari anak kalian untuk membaca dan menulis tetapi terkadang anak akan sulit untuk di ajari.

Oleh sebab itu apabila kalian memiliki anak yang sulilt untuk di ajari maka kalian harus mengetahui beberapa tips dan trik jitu untuk mengajari si kecil agar bisa Belajar membaca dan menulis. Tips pertama yang bisa kalian lakukan yaitu kaliana harus mengajarkan kepada anak untuk emnjadikan membaca dan menulis menjadi aktivitas sehari hari. cara ini bisa kalian lakukan yaitu dengan menyelipkan belajar dalam kegiatan yang di lakukan oleh anak.

Misalkan ketika bangun tidur maka anak anda akan mandi, makan dan selanjutnya bermain. Ketika kegiatan anak anda seperti itu maka kalian bisa menyuruh anak anda sebelum bermain untuk belajar membaca dan menulis selama 10 atau 20 menit. Lakukan sehari dua sampai tiga kali dengan begitu anak akan terbiasa untuk belajar membaca dan menulis tanpa merasa terpaksa.

Cara kedua yaitu dengan mendekatkan anak dengan buku agar anak tidak menjadi anti dengan buku. Cara yang bisa kalian lakukan sangatlah banyak salah satunya yaitu dengan memberikan anak buku cerita yang menarik dan di sukai oleh anak. atau juga kalian bisa memberikan buku yang memiliki gambar gambar unik yang di sukai anak. karena biasanya anak akan lebih suka buku yang di lengkapi gambar dibandingkan buku yang tidak ada gambanya.

Dengan begitu anak akan menyukai buku tersebut dan akan menyuruh anda untuk menceritakan apa saja yang ada di buku. Cara ketiga apabila kalian merupakan orang tua yang pintar menggambar maka kalian bisa mengajak anak untuk membuat komik yang di lengkapi dengan cerita. Karena dengan begitu anak akan mengetahui bahwa menulis dan menggambar itu adalah hal yang menyenangkan.

Selain itu dengan membuat komik anak akan menjadi tertarik untuk mengetahui isi cerita dari komik tersebut dan akan belajar untuk membacanya. Keempat, untuk mengajari anak membaca kalian juga bisa mengajak anak belajar sambil bermain. Kalian bisa mengajak anak untuk bermain permainan scrabble atau permainan menyusun kata.

Dengan begitu kemampuan anak akan terasah secara sendirinya dan pastinya dengan permainan ini anak akan bisa berlajar dengan cara yang menyenangkan. Pastinya dengan mengajak anak untuk belajar sambil bermain maka akan berguna untuk membuat  anak menjadi tidak mudah bosan untuk belajar. Jadi bagi kalian para orang tua bisa memilih sendiri metode mana yang akan kalian gunakan untuk mengajari anak anda belajar dan menulis.

Demikian itu tadi beberapa ulasan mengenai Belajar membaca dan menulis untuk si kecil yang akan berguna untuk menambah pengetahuan dan juga wawasan kalian mengenai parentin.

News Feed