by

Beberapa Contoh Kegiatan yang Harus Dihindari di Tengah Pandemi Virus Corona

Hingga Minggu, 5 April 2020 data para pasien yang positif virus corona ternyata sudah mencapai angka 2000 lebih. Tidak hanya mereka yang positif covid-19 saja yang mengalami peningkatan akan tetapi jumlah pasien yang meninggal juga selalu bertambah setiap harinya. Mengapa perkembangan penularan virus tersebut cukup tinggi di Indonesia? Hal ini bukan tanpa alasan akan tetapi karena masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang kurang begitu memiliki pemahaman mengenai wabah penyakit yang cukup berbahaya ini.

Pada kenyataannya memang kasus orang yang meninggal dan orang yang sembuh karena corona memang hampir sepadan di Indonesia akan tetapi bayangkan untuk orang yang positif covid-19 lonjakanya sangat tajam dan luar biasa. Ini karena ada kasus baru yang memang benar-benar masyarakat luas tidak bisa memahami bahwa ada gejala pasien yang mengalami positif covid -19 tetapi tidak menunjukkan gejala apapun dan bahkan pasiennya cenderung sehat dan mampu untuk melakukan aktivitas seperti layaknya orang sehat pada umumnya.

Karena kondisi seperti itulah yang menyebabkan bahwasanya penyebaran kasus covid-19 di Indonesia sangat susah untuk dikendalikan. Masyarakatnya tidak bisa diajak kerjasama dan sangat sudah untuk diberikan pengertian. Padahal bila masyarakat mematuhi setiap perintah dan arahan dari pemerintah untuk tetap tinggal di rumah dilakukan bahwa bisa saja mungkin kasus penyebaran covid-19 di Indonesia tidak akan separah seperti sekarang. Di bawah ini adalah beberapa contoh kegiatan yang tidak boleh dilakukan di tengah pandemi virus corona:

  • Berkerumun Atau Bergerombol

Mulai dari awal adanya kasus covid-19 di Indonesia sampai dengan saat ini pemerintah Indonesia sudah berkali-kali dan tidak ada bosan-bosannya untuk mengingatkan warganya agar supaya tidak berkerumun dan bergerombol. Hal ini bukan tanpa alasan karena kegiatan tersebut bisa menjadi salah satu pemicu pasien positif covid-19 semakin bertambah banyak karena dari berkerumun tersebut akan memberikan banyak sekali kesempatan untuk penyebaran corona semakin cepat dan mudah menular dari satu manusia ke manusia yang lain.

  • Tidak Menggunakan Masker

Himbauan dari pemerintah selalu mengajak warganya untuk selalu menggunakan masker saat mereka yang sedang melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini dikarenakan bila seseorang tidak menggunakan masker dan kebetulan berinteraksi dengan orang yang terinfeksi corona maka kemungkinan untuk terpapar corona juga tinggi. Akan tetapi bila Anda menggunakan masker mampu untuk meminimalisir penyebaran covid-19.

  • Tidak Cuci Tangan

Pakar kesehatan dan tenaga medis menyebutkan bahwasanya untuk mencegah supaya virus tersebut tidak mudah menular ke orang lain adalah dengan cuci tangan. Oleh karena itu kegiatan rajin melakukan cuci tangan adalah salah satu kegiatan yang cukup penting dan harus Anda lakukan apabila akan atau sudah selesai melakukan aktifitas. Dan sebisa mungkin hindari menyentuh muka dengan menggunakan tangan bila kebetulan keadaan tangan sedang tidak bersih atau steril.

Di atas adalah beberapa contoh kegiatan yang tidak boleh dilakukan di tengah pandemi corona seperti orang. Akan tetapi meskipun banyak masyarakat yang khawatir dan takut dengan perkembangan virus corona yang mulai susah untuk dikendalikan nyatanya disisi lain masih banyak juga masyarakat yang kurang peduli dan cenderung egois serta tidak memikirkan orang lain seperti tidak menerapkan batuk dan bersin yang baik. Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai hal yang berkaitan dengan corona, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc yakni aplikasi kesehatan online terpercaya kualitas terbaik karena ditangani oleh dokter yang sudah profesional di bidangnya.

News Feed