by

5 Software Akuntansi Gratis Terbaik untuk Bisnis Anda

Banyak perusahaan UKM yang memilih untuk mengurangi beban namun tetap ingin mengefektifkan usahanya salah satunya adalah menggunakan software akuntansi gratis.

Tidak bisa dipungkiri bahwa era industri 4.0 ini, teknologi menjadi hal penting yang harus Anda investasikan untuk kemajuan bisnis Anda. 

Misal untuk bottom-line menggunakan software customer relationship management, bagi personalia menggunakan software HRIS, dan paling penting bagian keuangan dengan menggunakan software akuntansi. In every single spot you need technology.

Kembali lagi kepada kebutuhan UKM atau usaha mikro agar bisa bertahan di era serba internet. Memilih aplikasi atau software akuntansi terbaik dan gratis menjadi pertimbangan terbesar bagi pelaku usaha mikro dan UKM.

Oleh karena itu, Kami akan mengurut 5 software akuntansi gratis terbaik untuk kebutuhan bisnis mikro Anda.

1. Jurnal

Diperuntukkan untuk: UMKM dan bisnis industrial

Di urutan pertama ada Jurnal. Software akuntansi online buatan Indonesia ini memiliki tampilan yang mudah dipahami. Anda dapat dengan mudah menggunakan Jurnal sekalipun Anda bukan seorang akuntan.

Selain tampilannya yang mudah dipelajari dan digunakan, Jurnal memiliki fitur yang sangat lengkap. Mulai dari pencatatan transaksi akrual maupun deferal, pembuatan faktur, penyusunan laporan keuangan, pencatatan piutang dan utang, manajemen aset dan stok barang, penyusunan buku besar hingga rekonsiliasi bank.

Software accounting Jurnal juga terintegrasi dengan mesin kasir kerjasama, aplikasi perpajakan, dan juga software HRIS. Fitur lengkap terintegrasi Jurnal bisa menjadi one stop solution bisnis Anda.

Selain itu Anda bisa memantau perkembangan bisnis Anda langsung melalui aplikasi keuangan bisnis Jurnal di smartphone.

Anda bisa mengakses Jurnal selama 14 hari. Selebihnya Anda akan dikenakan biaya sesuai dengan paket pilihan yang diperuntukkan untuk jenis usaha yang berbeda. Anda bisa mendaftar Jurnal di sini.

2. Zipbooks

Diperuntukkan untuk: UMKM dan bisnis industrial

Software akuntansi gratis lainnya adalah Zipbook. Software ini bisa melakukan kustomisasi faktur, rekonsiliasi bank, expense management, dan juga penyusunan laporan keuangan.

Zipbook bisa Anda dapatkan secara gratis dengan fitur terbatas. Misalnya saja untuk kustomisasi faktur Anda perlu membayar ke mitra resmi Zipbook yaitu, Paypal.

Selain itu Zipbook juga terintegrasi dengan software HRIS, Gusto untuk kebutuhan perhitungan gaji karyawan. Sayangnya, Gusto merupakan layanan berbayar sehingga Zipbook sulit untuk melakukan otomasi input data karyawan untuk kebutuhan perhitungan gaji jika tidak berlangganan Gusto.

3. Akaunting

Diperuntukkan untuk: UMKM

Akaunting bisa dikatakan accounting software yang benar-benar gratis karena memang pasar yang dituju adalah UMKM. Akaunting memiliki fitur standar akuntansi seperti manajemen pembelian dan penjualan, pembuatan faktur dan juga rekonsiliasi bank.

Untuk menikmati seluruh fitur Akaunting, Anda perlu membeli layanan pihak ketiga seperti transaksi dari media tertentu, review bisnis, manajemen aset dan juga manajemen stok barang.

4. Slickpie

Diperuntukkan untuk: UMKM dan bisnis industrial

Slickpie menjadi software accounting gratis terbaik selanjutnya. Slickpie merupakan software akuntansi asal Kanada yang diperuntukkan untuk UMKM karena gratis untuk 10 chart of accounts.

Anda bisa membuat faktur online, expense management, rekonsiliasi bank, pencatatan transaksi dan juga pembuatan laporan keuangan. Sayangnya, Anda tidak bisa menyusun laporan keuangan secara komprehensif dalam versi gratisnya.

5. Wave

Software akuntansi gratis lainnya adalah Wave. Fitur yang disematkannya pun fitur standar software akuntansi seperti pelaporan keuangan, jurnal umum, manajemen utang-piutang, dan juga rekonsiliasi bank. Melalui Wave, pembuatan faktur secara online akan dikenakan biaya.

Itulah 5 software akuntansi gratis terbaik untuk bisnis yang bisa Anda coba sebagai bahan pertimbangan. Memilih software akuntansi memerlukan keputusan bijak sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

News Feed