by

5 Resep Mpasi 8 Bulan agar Berat Badan Bayi Lekas Naik

Pada usia 8 bulan, sistem pencernaan si bayi sudah cukup kuat untuk menerima asupan yang lebih bervariasi. Tidak melulu ASI. Tapi, tetap perlu strategi khusus untuk mengelola resep mpasi 8 bulan agar sesuai. Faktor gizi tetap menjadi prioritas utama. Terlebih saat Anda menginginkan si kecil tumbuh sehat dan berisi. Berikut resepnya yang bisa diterapkan.

  1. Bikin Bubur Pisang Susu

Pisang memiliki tekstur yang lunak dan disukai hampir setiap bayi. Tapi untuk bayi berumur 8 bulan, sebaiknya ambil yang berukuran kecil saja. Lalu Anda lumatkan hingga halus. Tambah dengan susu formula sekiranya 2 sendok makan plus air matang sebanyak 200 ml. Aduk rata hingga biar nantinya mudah ditelan.

Dalam waktu berkala, Anda boleh mengganti bahan bubur dengan buah lain. Tapi dengan catatan harus sama-sama lunak dan mudah dicerna. Misalnya dengan mengganti alpukat yang lebih dulu dihaluskan. Biar lebih cepat, pakai blender saja. Resep bubur pisang susu ini sudah cukup memiliki sumber gizi yang bisa bikin si kecil tumbuh berisi.

  1. Bikin Bubur Daging Beras Merah

Bahan:

  • 100 gram daging cincang
  • 450 ml air
  • 1 tomat cincang
  • 1 sendok seledri cincang
  • ½ keju parut
  • 50 gram beras merah
  • 50 gram wortel
  • 50 gram bayam merah

Cara membuatnya, cukup dengan merebus beras merah ke dalam air panas. Tunggu hingga mengembang. Baru masukkan gilingan daging plus tomat. Aduk-aduk dan tunggu hingga mendidih. Biar nutrisinya lebih melimpah, tambahkan keju, seledri, bayam, dan wortel. Aduk kembali hingga merata.

Resep mpasi 8 bulan ini memiliki kandungan yang cukup baik untuk pertumbuhan badan si kecil. Mulai dari zat besi, vitamin A, dan sumber energi. Meskipun baru berusia 8 bulan, tetap memerlukan amunisi khusus untuk beraktivitas, bukan? Bayi yang aktif bergerak pertanda kesehatan tubuhnya betul-betul terjaga.

  1. Bikin Bubur Kentang

Sebagai pengganti nasi, kentang merupakan sumber energi terbaik untuk tubuh bayi. Bahkan untuk orang dewasa juga bisa berefek sama bagusnya. Cara membuatnya, cukup dengan mengukus kentang lebih dulu dengan syarat atur apinya kecil saja. Lalu angkat dan taruh ke wadah untuk dihaluskan. Masukkan susu cair dan aduk-aduk hingga merata.

Sekali lagi, atur apinya kecil saja, ya. Sebab, jika apinya dalam kapasitas besar, dikhawatirkan sumber protein dalam susunya bisa rusak. Biar si kecil makin suka, tambahkan keju parut agar rasanya lebih gurih. Ada baiknya resep ini Anda terapkan di pagi hari sebelum si kecil mulai beraktivitas.

  1. Bikin Bubur Jagung Manis

Buat Anda yang baru memiliki anak pertama, sebaiknya terapkan resep ini dulu. Sebab, prosesnya sangat sederhana. Anda hanya memerlukan bahan dari jagung manis pipilan plus susu cair. Sebelum jagung dihaluskan, kukus dulu. Lalu campurkan dengan susu cair dan atur kekentalannya. Sesuaikan dengan keinginan si kecil biar ia habiskan hingga tandas.

  1. Bikin Bubur Kombinasi 3 Bahan

Bahannya sendiri bisa Anda variasikan. Misalnya dari beras merah, daging ayam, serta sayur-mayur. Tentu ketiga bahan tersebut mesti dilembutkan dulu sebelum siap santap. Jangan lupa tambahkan susu cair dan keju parut untuk meningkatkan selera si kecil. Kandungan di dalamnya sudah termasuk protein, sumber energi, dan beragam nutrisi penting lainnya.

Saat merawat bayi di usia 8 bulan memang perlu kesabaran ekstra. Perlu perhatian khusus agar si kecil selalu aktif bergerak dan tentunya tidak terlambat makan. Resep mpasi 8 bulan tersebut masih bisa Anda kembangkan. Misalnya dengan menambahkan brokoli atau sayur-mayur lain. Tapi sebaiknya hindari makanan instan, ya.

Comment

News Feed