by

5 Cara Mengatasi Alergi Dingin Ala SehatQ

Beberapa orang mengalami kondisi gatal-gatal atau kulit memerah ketika terkena udara dingin atau musim hujan tiba. Ciri-ciri ini bisa disebut dengan alergi dingin, yang merupakan salah satu dari jenis alergi.

Alergi jenis ini tentu saja cukup mengganggu, karena ketika tubuh terpapar udara dingin sedikit saja biasanya reaksinya langsung muncul. Ciri lain dari alergi udara dingin adalah ruam, bentol yang terparah yaitu beberapa bagian tubuh membengkak atau rasa sensasi terbakar.

Cara Mengatasi Alergi Dingin

Karena sangat mengganggu, untuk mengatasinya Anda bisa lakukan beberapa tips berikut ini.

1. Dekati Pemicu Alergi

Karena Anda mengalami yang namanya alergi udara dingin, tentu harus menghindari pemicunya yaitu udara dingin. Tidak hanya faktor cuaca, alergi dingin juga bisa kambuh karena suhu ruangan yang dingin, mandi air terlalu dingin atau berenang. Anda bisa menghindari beberapa faktor tersebut jika tidak ingin alerginya kambuh.

2. Tubuh Tetap Hangat

Ketika mengalami penyakit alergi udara dingin maka Anda harus pastikan bahwa suhu tubuh tetap hangat agar reaksi dingin tidak membuat alergi kambuh. Bisa dengan menggunakan pakaian hangat seperti jaket atau sweater yang lebih tebal saat keluar rumah di udara yang dingin atau saat musim hujan.

Selain itu Anda juga bisa melengkapi dengan penggunaan sarung tangan dan kaos kaki saat keluar rumah ataupun di dalam rumah. Terutama untuk yang tinggal di daerah dataran tinggi dengan cuaca yang umumnya dingin.

3. Obat

Ada beberapa obat yang bisa Anda konsumsi untuk cegah alergi dingin timbul. Anda bisa konsumsi obat antihistamin agar tubuh tidak mudah terpapar suhu dingin. Antihistamin mampu meredakan gatal atau penyakit biduran yang disebabkan oleh alergi. Obat ini bisa Anda temukan di apotek atau toko obat namun sebelumnya harus menggunakan resep dokter.

Selain itu, ada namanya obat omalizumab. Omalizumab umumnya digunakan untuk mengobati asma, tapi bisa juga digunakan untuk orang yang menderita alergi udara dingin jika antihistamin sudah tidak mempan.

Pertolongan lainnya yaitu dengan suntikan epinefrin. Suntikan ini diberikan kepada penderita alergi udara dingin yang tingkatnya sudah berlebihan. Pemberian suntikan tentu saja terlebih dahulu diresepkan oleh dokter.

4. Konsumsi Makanan dan Minuman Dingin

Alergi yang disebabkan oleh udara dingin juga bisa diatasi dengan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman dingin. Pada minuman dingin, bisa memicu ruam dan bentol terutama untuk kulit yang sensitif. Sementara untuk makanan dingin akan menyebabkan gejala yang hampir sama pada beberapa bagian tubuh seperti lidah, bibir, tenggorokan hingga kerongkongan.

5. Konsultasi Ke Dokter

Untuk pertolongan lebih lanjut akibat alergi dari udara dingin maka Anda bisa berkonsultasi ke dokter. Terutama untuk yang memiliki ruang atau gatal-gatal yang semakin parah dan juga disertai dengan gejala. Hal ini untuk membantu penanganan medis yang lebih lanjut dan tepat.

Untuk reaksi alergi udara dingin yang parah, biasanya bisa membahayakan nyawa penderita. Apalagi jika disertai dengan gejala pusing, wajah membengkak, keringat dingin hingga pandangan kabur.

Jadi itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi alergi  dingin. Untuk informasi lebih lengkap mengenai alergi udara dingin Anda juga bisa mengakses platform kesehatan keluarga Indonesia yakni SehatQ. Platform ini mengulas berbagai jenis penyakit, mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya berdasarkan fakta. Di SehatQ, terdapat toko obat online yang menyediakan berbagai jenis obat-obatan lengkap dan juga fasilitas kesehatan. Jadi kunjungi SehatQ baik lewat website resmi ataupun aplikasinya.

News Feed